Rabu, 22 Februari 2012

Pengaruh Konten-konten Pendidikan

Mencermati perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya teknologi sistem pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi internet untuk pembelajaran berbasis web (konten pendidikan), memberi pengaruh terhadap model pembelajaran. Berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi memberi dampak terhadap berbagai sendi kehidupan, termasuk terhadap dunia pendidikan memberi pengaruh yang luar biasa. Berbagai model pembelajaran dengan memanfaatkan komputer seperti: e-learning (electronic learning) Computer Assisted Instruction (CAI),
Computer Based Instruction (CBI), dan e-teaching (electronic teaching). Model pembelajaran tersebut memungkinkan para peserta pelatihan mencari bahan pembelajaran sendiri, langsung dari situs di internet melalui komputer sebagai sumber belajar. Dengan memahami cara menggunakan komputer para peserta dapat mengakses bahan pembelajaran melalui jaringan intra dan internet tanpa harus didampingi oleh seorang instruktur secara langsung. 
Perkembangan teknologi internet memberikan nuansa sistem belajar yang lebih terbuka lagi. Keunggulan belajar jarak jauh yang ditawarkan oleh teknologi ini adalah akses ke sumber belajar semakin terbuka dan luas, cepat dan tidak terbatas pada ruang dan waktu. Kegiatan pembelajaran dapat dengan mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan rasa nyaman dan menyenangkan. Batasan ruang, waktu dan jarak tidak lagi menjadi masalah rumit untuk dipecahkan. Melalui teknologi internet bisa melakukan konferensi, diskusi, konsultasi secara elektronik (electronic conference) tanpa harus bertemu disuatu tempat. 
Ada beberapa keunggulan pengembangan program pembelajaran melalui e-learning, yaitu : 
1. Sangat dinamis, program pembelajaran e-learning dapat disajikan dalam berbagai format sajian yang menarik, atraktif dan interaktif.            
2. Dioperasikan sepanjang waktu sehingga peserta dapat memperoleh informasi materi/bahan pembelajaran yang diperlukan disaat memerlukannya. 
3. Belajar secara individual, setiap mahasiswa dapat memilih format  atau model pembelajaran yang diinginkan dan yang lebih relevan dengan latar belakangnya setiap saat. 
4. Bersifat komprehensip, menyediakan berbagai bentuk kegiatan pembelajaran dari berbagai sumber yang memungkinkan
Dengan beberapa keunggulan di atas, pengembangan layanan pembelajaran berbasis e-learning diharapkan akan dapat meningkatkan akses pemerataan dan meningkatkan mutu kinerja pembelajaran yang pada akhirnya dapat mempercepat Anda dalam memperoleh informasi.
Mencermati perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya teknologi sistem pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi internet dengan pembelajaran berbasis e-learning-nya, dapat membantu memperpanjang waktu belajar mandiri.. Program sajian bahan belajar yang menarik, interaktif dan konstruktif dapat mendorong motivasi belajar yang kuat.

Sumber : Diklat PUSTEKOM Tentang Penataan Jejaring Sekolah Untuk E-Pembelajaran 2011

1 komentar:

  1. Salam kenal, bagus. Mampir di blog yang saya kelola ya http://pcahyono.blogspot.com/

    Salam kreatif...

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya...