Metode
pengajaran dari kata “Metho” yang berarti melalui atau melewati, sehingga
metode pengajaran berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai
tujuan tertentu dalam hal ini tujuan pengajaran (Bambang Prawiro,1991).
Jadi metode
pengajaran merupakan suatu alat (di samping alat lain seperti alat penilaian,
alat peraga) yaitu alat untuk meyampaikan bahan pelajaran dalam rangka
pencapaian tujuan pengajaran.
Semakin
majunya ilmu tentang mengajar (Metodologi Pengajaran), maka ada kriteria jenis
metode modern dan metode tradisional. Kriteria yang dipergunakan pada umumnya
adalah keaktifan siswa, metode dan dasar psikologis dari metode-metode itu.
Menurut
W.Gulo (2002:1) bahwa metode pengajaran adalah berbagai metode pengajaran yang
perlu dipertimbangkan dalam strategi belajar mengajar (W.Gulo,2002:1).
Secara umum
metode-metode itu dapat digolongkan ke dalam 2 jenis (Bambang Prawiro,1991) :
1. Metode
interaksi secara individual.
2. Metode
interaksi secara kelompok.
Program
pengajaran adalah perangkat kegiatan belajar mengajar yang direncanakan untuk
mencapai tujuan yang kita sebut dengan tujuan instruksional (W.Gulo,2002:1).
Sehingga, dibutuhkan suatu perencanaan dalam pelaksanaan program suatu program
pengajaran.
Definisi
dari Prof. Dr. De Queljy dan prof. Gazali MA. Pembelajaran adalah menanamkan
pengetahuan pada seseorang dengan cara paling singkat dan tepat. Dalam hal ini
pengertian waktu yang singkat sangat penting. Guru kurang memperhatikan bahwa
diantara murid ada perbedaan individual, sehingga memerlukan pelayanan yang
berbeda-beda. Bila semua murid dianggap sama kemampuan dan kemajuannya, maka
bahan pelajaran yang diberikan pun akan sama dengan kenyataan.
Secara
harfiah karakter artinya kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama atau
reputasi (Hornby dan Panwell,1972:49). Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia,
karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan
seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak,
mempunyai kepribadian (Kamisa,1997:281).
Dalam
Dorland’s PocketMedical Dictionary (1968:126) dinyatakan bahwa karakter adalah
sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu. Di dalam kamus
psikologi dinyatkan bahwa karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak
etis atau morl, misalnya kejujuran seseorang; biasanya mempunyai kaitan dengan
sifat-sifat relative tetap (Dali Gulo,1982:29).
Dan dapat
dinyatakan bahwa karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral,
akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yang
membedakan dengan individu lain (M. Furqon,2009:9).
Sumber : Karya tulis ilmiah Krisnawan SR dalam memenuhi persyaratan sebagai peserta Duta FKIP UNS Dewantoro-Dewantari 2010
Sumber : Karya tulis ilmiah Krisnawan SR dalam memenuhi persyaratan sebagai peserta Duta FKIP UNS Dewantoro-Dewantari 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa komentar ya...