Agar siswa memahami materi
pelajaran, siswa perlu:
- Berusaha memecahkan masalah nyata yang sesuai dengan perkembangan dan pengalamannya;
- Bekerja baik mandiri maupun dalam kelompok,
- Melakukan berbagai kegiatan seperti: menganalisis masalah, menjelaskan masalah, membuat dugaan atau terkaan tentang pemecahan masalah, menilai kebenaran pemecahan masalah, melakukan eksplorasi yang relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan.
- Menggunakan pengetahuannya dalam menghadapi masalah-masalah nyata
- Menggunakan berbagai alat bantu yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran
- Mengomunikasikan materi pelajaran secara lisan dan tertulis.
- Mempunyai sikap positif terhadap mata pelajaran yang bersangkutan.
Salah satu prinsip pembelajaran
adalah “Mulai dari konkret ke abstrak”. Prinsip
itu memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi tentang suatu
perkara yang dipilihkan oleh guru. Siswa akan terlibat lebih aktif dalam
pembelajaran dan penilaian, jika siswa juga ikut memilih hal yang harus
dieksplorasi, sesuai dengan minatnya atau gaya belajarnya. Portofolio merupakan
tempat bagi siswa untuk secara aktif memilih hal yang dieksplorasi, dan
menunjukkan bukti tentang kompetensi siswa, di luar hasil tes. Dengan kata
lain, di samping mengaktifkan siswa, portofolio memberikan kesempatan kepada
siswa untuk ikut serta dalam penilaian atas dirinya.
Tes yang lazim pada
masa-masa lalu kebanyakan lebih menekankan pentingnya menilai pemahaman materi
pelajaran daripada pengetahuan siswa tentang kaidah, algoritma, prosedur, dan
cara berpikir. Dalam hal pembelajaran yang menuntut penguasaan materi serta
pemilikan keterampilan dan sikap yang baik, akan lebih baik jika digunakan
instrumen penilaian yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuannya
dalam memecahkan masalah, bernalar, berkomunikasi, melakukan penyelidikan, dan
berkreasi. Untuk maksud tyersebut, portofolio merupakan salah satu instrumen
yang cocok. Siswa SLTP, SMU, dan SMK tentu berpendapat bahwa materi pelajaran yang
“penting” adalah materiyang diujikan atau yang sering muncul dalam tes. Dengan
portofolio, yang semua isinya akan dinilai, siswa dapat diharapkan akan
memberikan perhatian yang tinggi pula kepada bagian-bagian yang tidak diujikan
atau tidak masuk dalam tes. Jika guru ingin agar siswanya suka melakukan
penyelidikan atau melakukan eksplorasi, tidak sekedar menghafal, dan siswanya
tidak mudah melupakan materi tertentu, maka penggunaan portofolio penilaian
merupakan jalan yang cocok untuk maksud itu.
Belajar merupakan proses
yang panjang. Untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang sesuatu, siswa
memerlukan banyak pengalaman (banyak membaca, banyak merenungkan, banyak
komunikasi, memecahkan banyak masalah, dan sebagainya.). Pembentukan gambar tentang
kompetensi siswa juga memerlukan berbagai instrumen penilaian. Portofolio yang
berisi koleksi produk siswa, dan laporan proses yang dilalui oleh siswa, yang
meliputi rentang waktu yang panjang, dapat memberikan gambaran yang relatif
lengkap tentang perkembangan dan kompetensi siswa yang bersangkutan.
Penggunaan
portofolio untuk penilaian juga bermanfaat, karena hal-hal berikut.
- Portofolio menyajikan atau memberikan: “bukti” yang lebih jelas atau lebih lengkap tentang kinerja siswa daripada hasil tes di kelas
- Portofolio dapat merupakan catatan penilaian yang sesuai dengan program pembelajaran yang baik
- Portofolio merupakan catatan jangka panjang tentang kemajuan siswa
- Portofolio memberikan gambaran tentang kemampuan siswa
- Penggunaan portofolio penilaian memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan keunggulan dirinya, bukan kekurangan atau kesalahannya dalam mengerjakan soal atau tugas.
- Penggunaan portofolio penilaian mencerminkan pengakuan atas bervariasinya gaya belajar siswa.
- Portofolio memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam penilaian hasil belajar
- Portofolio membantu guru dalam menilai kemajuan siswa
- Portofolio membantu guru dalam mengambil keputusan tentang pembelajaran atau perbaikan pembelajaran
- Portofolio merupakan bahan yang relatif lengkap untuk berdiskusi dengan orang tua siswa, tentang perkembangan siswa yang bersangkutan.
- Portofolio membantu pihak luar untuk menilai program pembelajaran yang bersangkutan
Sumber
: Pedoman Pengembangan Portofolio untuk Penilaian
im here
BalasHapusVisit morning
thank
Hapusijin menyimak sambil belajar y sob... ;)
BalasHapusmonggo..silakan..makasih dah mau komen
HapusWhat you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.
BalasHapusI am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.
BalasHapusThis is wonderful. I am not quite familiar with the internet, but I believe that what I just read is some good material. Thanks for continuing to write such wonderful articles. God bless.
BalasHapus